[Baru] Sila unduh Video ESS dalam format terkompresi ZIP.

Divisi Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan saat ini tidak saja hadir sebagai support division, namun telah jauh berkembang sebagai strategic partner bagi divisi lainnya di tubuh sebuah perusahaan.

Sebagai mitra strategis, Divisi SDM dituntut secara tepat dan akurat dalam memberikan dukungan baik pelayanan maupun data. Untuk itu dibutuhkan suatu perangkat yang tepat sebagai media penunjang kinerja SDM yang dapat berimbas terciptanya efisiensi kerja di seluruh lini perusahaan.

Sistem Administrasi Online merupakan sebuah sistem approval workflow berbasis web, yang dibangun sebagai jawaban dari kebutuhun Divisi ADM akan tersedianya perangkat kerja yang tepat, cepat, dan akurat, dan sebagai bagian dari perusahaan masa kini dengan visi kedepan, hadirnya SiADO akan mendukung sistem paperless yang telah dicanangkan banyak perusahaan dan sistem EES (Employee Self Service) yang semakin populer.

ESS menjadikan pekerjaan yang biasanya bertumpu di divisi SDM dan seringkali menjadi suatu siklus pekerjaan yang menumpuk dan terhambat dalam penyediaan data terkini (up to date), kini menjadi pekerjaan bersama yang memberikan kemudahan bagi seluruh karyawan dan pelaksana untuk mendapatkan data terkini yang tepat, cepat, dan akurat.

Keuntungan ESS adalah:

  • Diberikannya akses langsung bagi karyawan ke dalam database Personnel yang menyangkut data pribadi karyawan yang bersangkutan. Misalnya perubahan status pribadi dan keluarganya, dan perubahan data lainnya yang diijinkan pihak Manajemen.
  • Kemudahan karyawan dalam melakukan pengajuan Administrasif, seperti pengajuan cuti-cuti dan pengajuan ijin keluar kantor.
  • Kemudahan Manajemen/Kepala Divisi dalam hal penugasan terhadap bawahannya, seperti penugasan Perjalanan Dinas dan Kerja Lembur.
  • Jika kehadiran menjadi salah satu komponen pengurang merit, karyawan dapat dengan mudah melakukan cek terhadap status kehadirannya, sehingga tercipta transparansi dan fairness dalam pemberian reward maupun punishment.
  • Kemudahan dalam mendapatkan laporan yang bisa diakses, misalnya peraturan perusahaan atau informasi lainnya yang diperlukan untuk diketahui oleh karyawan.

Syarat SiADO dapat diimplementasikan dengan baik adalah:

  • Telah tersedianya Sistem HR dengan database personel yang baik.
  • Sistem didukung oleh karyawan, baik di level direksi, manajemen, dan staff.
  • Tersedianya infrastruktur komputerisasi yang baik, dimulai dari server – komputer klien dan koneksivitas jaringan.

Sistem SiADO meliputi:

  1. Perjalanan Dinas
    • Pengajuan/Penugasan Perjalanan Dinas
    • Pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas
    • Alur kerja SPPD

      Screenshot SiADO (Surat Perintah Perjalanan Dinas):

      Screenshot SPPD Screenshot Cetak SPPD

  2. Lembur
    • Pengajuan/Penugasan Kerja Lembur
    • Pembuatan Realisasi Kerja Lembur
    • Pembuatan Rekapitulasi Kerja Lembur Bulanan
    • Alur kerja Lembur

      Screenshot SiADO (Lembur):

  3. Cuti
    • Pengajuan/Persetujuan Cuti Panjang
    • Pengajuan/Persetujuan Cuti Tahunan
    • Pengajuan/Persetujuan Cuti Lainnya
    • Alur kerja Cuti

      Screenshot SiADO (Cuti):

  4. Izin Keluar Kantor
    • Pengajuan/Persetujuan Keluar Kantor (Pribadi)
    • Pengajuan/Penugasan Keluar Kantor (Dinas)
    • Alur kerja Ijin Keluar Kantor

  5. Kehadiran Karyawan
    • Melihat Daftar Kehadiran Karyawan
    • Melihat Daftar Ketidakhadiran Karyawan (tanpa keterangan)
    • Alur kerja Kehadiran Karyawan

      Screenshot SiADO (Kehadiran Karyawan):

  6. Notifikasi Pengajuan dan Persetujuan via E-mail